Kesalahan Mandi Yang Tidak Baik Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit Kita

Kesalahan Mandi Yang Tidak Baik Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit Kita – Tidak ada cara membersihkan tubuh yang lebih menyegarkan dan menyenangkan selain dengan mandi. Mandi juga kan memberikan efek rileks dan segar pada tubuh setelah beraktifitas seharian. Manfaat mandi juga sering kali dibahas dalam berbagai jurnal dan artikel. Akan tetapi, ada beberapa kesalahan yang sering kali orang lakukan ketika mandi yang justru berakibat tidak baik untuk kesehatan.
Berikut ini merupakan hal-hal yang dianggap sepele, namun berdampak buruk bagi tubuh yang mungkin belum anda ketahui.

1. Suhu air mandi

Suhu air untuk mandi merupakan hal yang sangat kritis untuk kulit. Jika sedang musim panas, maka sebaiknya anda mandi menggunakan air dingin atau bisa juga disesuaikan dengan suhu ruangan. Sedangkan pada musim dingin, jangan mandi dengan air yang terlalu panas karena juga tidak baik.
Akan lebih baik jika anda tetap menggunakan air yang memiliki suhu sama dengan suhu ruangan, terlebih untuk mencuci rambut. Suhu air mandi yang terlalu panas kemungkinan dapat merusak mata dan juga rambut.
Kesalahan Mandi Yang Tidak Baik Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit Kita

2. Memilih cairan pembersih

Terlalu banyak menggunakan sabun atau cairan pembersih tubuh juga harus anda hindari. Banyak orang yang menuangkan cairan pembersih tubuh dalam genggaman tangan karena ingin ada banyak busa saat diusapkan, tetapi ini sebenarnya merupakan mandi yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.
Hal tersebut justru dapat menghilangkan minyak alami pada tubuh, yang mana juga bisa membuat kulit kering dan gatal sehingga akan rentan iritasi. Kebiasaan tersebut juga bisa memicu penyakit kulit lainnya seperti eksim.
Kesalahan Mandi Yang Tidak Baik Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit Kita

3. Terlalu lama mandi

Menikmati semburan air hangat dari shower atau pun berendam dalam bathup dengan air hangat tentu saja sangat merelaksasi tubuh, akan tetapi durasi mandi juga tetap harus diperhatikan. Terlalu lama berendam atau pun mandi dengan air pancuran dapat menyebabkan gatal dan ruam pada kulit anda. Sepuluh sampai limabelas menit merupakan waktu yang cukup untuk mandi menggunakan air pancuran.
Kesalahan Mandi Yang Tidak Baik Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit Kita
Nah, itulah kesalahan-kesalahan ketika mandi yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Setelah mengetahui hal tersebut, semoga anda dapat menghindarinya agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.

BACA JUGA : Kebiasaan Sehari-Hari Yang Ternyata Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menu Diet Sehat Sehari-hari Untuk Pagi, Siang dan Juga Malam Hari

Jogging Pagi Hari Menyehatkan Mental, Fisik, dan Membuat Tubuh Segar